Logo Bloomberg Technoz

Koin ini mencapai rekor setelah masing-masing dari tiga halving terakhir.

Harga bitcoin

Halving yang akan datang saat ini memiliki harga sekitar 50% berdasarkan siklus sebelumnya, kata Jamie Douglas Coutts, analis Bloomberg Intelligence. Coutts memprediksi bahwa Bitcoin dapat mencapai $50.000 pada April 2024. 

"Siklus Bitcoin mencapai titik terendah sekitar 12-18 bulan sebelum separuhnya dan struktur siklus ini terlihat mirip dengan siklus sebelumnya, meskipun banyak hal yang telah berubah - meskipun jaringannya jauh lebih kuat, Bitcoin tidak pernah mengalami kontraksi ekonomi yang parah dalam waktu yang lama," katanya.  

Lonjakan harga Bitcoin telah tersendat akhir-akhir ini, tertahan oleh meredanya ekspektasi penurunan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) karena inflasi tinggi di AS. Tindakan keras peraturan AS terhadap kripto setelah runtuhnya bursa FTX pada November 2022 juga menjadi ancaman terhadap prospek pasar mata uang kripto.

"Jika runtuhnya FTX memang merupakan bagian bawah dari siklus ini, maka sejarah akan menunjukkan bahwa kita masih memiliki sekitar 350 hari 'akumulasi' sebelum menyaksikan aksi harga breakout pasca-halving yang khas," kata Jacob Joseph, seorang analis di CCData. 

Markus Thielen, kepala riset di Matrixport, mengatakan dalam sebuah catatan baru-baru ini bahwa Bitcoin akan mencapai sekitar US$65.623 pada April 2024 - lebih dari 2 kali lipat dari harga saat ini.

Bitcoin tetap turun sekitar US$ 41,000 dari level tertingginya sepanjang masa di hampir $ 69,000 pada November 2021 - yang terjadi 18 bulan setelah penurunan separuhnya pada tahun 2020. Pasar kripto anjlok tahun lalu karena bank sentral menaikkan suku bunga untuk mengekang tekanan harga dan perusahaan aset digital runtuh.

"Bitcoin mungkin sekali lagi mencapai level tertinggi baru sepanjang masa di masa depan, namun, pertumbuhannya tidak akan sama dengan siklus sebelumnya karena peningkatan ukuran pasar dan persaingan dari aset digital lainnya," kata Joseph dari CCData.

Bitcoin naik tipis kurang dari 0,5% menjadi $27,590 pada pukul 8 pagi waktu Singapura pada hari Senin (24/4/2023) setelah turun lebih dari 9% minggu lalu. Token-token yang lebih kecil seperti Ether, Cardano, dan Solana juga mengalami kenaikan yang tidak terlalu besar pada awal minggu perdagangan di kawasan Asia-Pasifik.

(bbn)

No more pages