Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Mudik Lebaran 2023: Aturan One Way hingga Buka Tutup Tol Hari Ini

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 April 2023 14:41

Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)
Jasa Marga Perpanjang Jalur One Way, Saat Ini Berlaku Dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang (Jasa Marga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) menerapkan kebijakan khusus pada sejumlah ruas tol untuk menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2023. Kebijakan ini juga berdasarkan diskresi atau pertimbangan dari Kepolisian yang memantau volume kendaraan dari Jakarta menuju arah Timur.

Pada saat ini, Jasa Marga menerapkan kebijakan one way atau satu arah mulai dari Km 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 414 Jalan Tol Batang-Semarang atau Gerbang Tol Kalikangkung. Penerapan satu arah yang awalnya hanya akan berlangsung hingga pukul 12.00 WIB tersebut diprediksi akan berlanjut hingga pukul 24.00 WIB. 

Bahkan, badan usaha milik negara tersebut membuka potensi perpanjangan kebijakan one way tersebut sesuai dengan pertimbangan kepolisian. 

"Namun, apabila pada periode waktu tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah Timur maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas One Way," tulis Jasa Marga dalam rilis perusahaannya, Rabu (19/4/2023).

Imbas dari kebijakan satu arah ini, pengguna jalan dari Cikampek yang menuju arah Jakarta akan dialihkan ke Kota Bukit Indah untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol Kalihurip 2.

Kemacetan di Pintu Gerbang Tol Cikampek Utama I (Dok. Jasa Marga)