Logo Bloomberg Technoz

Covid-19 RI Naik Lagi, Jokowi Ingatkan Disiplin Pakai Masker

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 April 2023 14:25

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin ratas tentang persiapan Mudik dan Balik Idul Fitri 1444 H. (Tangkapan layar Youtube Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin ratas tentang persiapan Mudik dan Balik Idul Fitri 1444 H. (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, angka penularan Covid-19 mulai menunjukkan peningkatan kembali dalam beberapa waktu terakhir. Meski demikian, dia menilai, angka kasus aktif pasien yang terpapar virus corona tersebut masih terkendali. 

Pemerintah belum akan mengambil kebijakan khusus terhadap laju grafik penanganan pandemi yang mulai perlahan naik tersebut. Dia pun meminta masyarakat juga tak perlu merespons dengan tindakan dan keputusan yang berlebihan.

Meski demikian, dia mendorong masyarakat untuk kembali menggunakan masker pada situasi dan keadaan tertentu. Salah satunya, menurut dia, imbauan penggunakaan masker oleh orang-orang yang merasa dirinya terserang influenza dan demam.

"Gunakanlah masker. Demikian juga yang memiliki komorbid (penyakit bawaan), gunakanlah masker," kata Jokowi di Istana Bogor seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (18/4/2023).

Selain orang sakit dan komorbid, dia meminta orang-orang yang bertemu dan berkomunikasi dengan kelompok lanjut usia atau lansia juga mengenakan masker. Hal ini merujuk pada tradisi Idulfitri saat masyarakat mudik atau akan mengunjungi orangtua atau kerabatnya yang lebih tua.