Logo Bloomberg Technoz

Ini 5 Ruas Trans-Jawa & Sumatra yang Didiskon Saat Mudik Lebaran

Rezha Hadyan
16 April 2023 09:26

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok. Jasamarga)
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok. Jasamarga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah menyediakan diskon yang di lima ruas tol bagi pengendara kendaraan roda empat yang melintas pada awal arus mudik dan akhir arus balik Idulfitri 1444 H.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan terdapat tiga 3 ruas di Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) dan 2 ruas di Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS) yang memberikan diskon.

Menurutnya, kebijakan diskon tol ini merupakan upaya pemerintah bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik maupun arus balik Lebaran dengan memecah arus lalu lintas di awal dan di akhir masa libur Idulfitri 1444 H.

"Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol ini dapat disambut positif dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki  keleluasaan waktu untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan," katanya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (16/4/2023).

Pertama, diskon tarif tol diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta—Cikampek yang merupakan bagian penting dari JTTJ. Penerapan diskon tol berlaku tanggal 16—17 April  dan 27—29 April 2023  dari Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya.