Logo Bloomberg Technoz

Kurangi Kepadatan Arus Mudik, Tol Cisumdawu Beroperasi Fungsional

Krizia Putri Kinanti
15 April 2023 18:54

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ( Dok pu.go.id )
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ( Dok pu.go.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 - Seksi 6 (Cimalaka - Dawuan) sepanjang sepanjang 29,3 km sudah siap difungsionalkan untuk  arus mudik Lebaran 2023.

Pada Desember 2022, tol Cisumdawu seksi 1 - 3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km sudah lebih dulu beroperasi. Dengan demikian tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas tol Cipularang hingga ruas tol Cipali. 

"Tol Cisumdawu Seksi 4-6  secara struktur sudah selesai semua. Hari ini fokus pada perapihannya, termasuk pemasangan rambu-rambunya," kata Basuki Hadimuljono dikutip dari siaran resmi yang diterima Bloomberg Technoz, Sabtu (15/4/2023).

Basuki mengatakan ada tiga hal yang menentukan kelancaran mudik, yaitu kesiapan prasarana/infrastruktur, pengaturan lalu lintas, dan perilaku pengemudi. 

"Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka dua lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023 ini," ujarnya