Logo Bloomberg Technoz

Erdogan Optimistis Kembali Jadi Presiden Turki

News
13 April 2023 17:31

Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)
Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Bloomberg)

Selcan Hacaoglu dan Firat Kozok - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan keyakinannya bahwa dia akan terpilih kembali bulan depan dan kemenangannya akan menjadi pesan bagi Barat, yang selama ini dianggap berkoalisi dengan para pesaingnya untuk menjegal Erdogan.

“Saya percaya bangsa saya akan menyelesaikan pekerjaan ini tanpa kesulitan apapun,” kata Erdogan dilansir dari Bloomberg News, Kamis (13/4/2023). 

Ini merujuk pada pelaksanaan pemungutan suara 14 Mei mendatang. Seorang calon presiden harus memenangkan lebih dari 50% suara untuk menghindari putaran kedua yang digelar dua minggu kemudian. Erdogan mengklaim bahwa dia mendapatkan dukungan kuat dari akar rumputnya.

Erdogan, yang menghadapi persaingan pemilihan terberat dari kekuasaannya selama dua dekade, meningkatkan kritiknya terhadap negara-negara Barat yang dia klaim mendukung lawan politiknya dalam upaya nyata untuk mengkonsolidasikan dukungan pemilih nasionalis. Dia baru-baru ini menegur duta besar AS untuk Turki karena bertemu dengan calon oposisi utama untuk presiden, Kemal Kilicdaroglu.