Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Tunggu Kepastian Soal Pembatasan Pertalite Usai Lebaran

Rezha Hadyan
12 April 2023 11:50

SPBU Pertamina ( Dok mypertamina.id )
SPBU Pertamina ( Dok mypertamina.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) masih menanti kepastian dari pemerintah terkait dengan rencana pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite yang akan dilakukan tahun ini.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan masih menunggu regulasi implementasi pembatasan pembelian Pertalite. Kemungkinan besar, pembatasan pembelian bensin subsidi tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Akan tetapi, belakangan ini tersiar kabar pemerintah berencana membatasi pembelian Pertalite setelah Idulfitri 1444 H. Pembatasan mau tidak mau harus dilakukan agar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak jebol untuk membiayai subsidi BBM.

Pemerintah mengalokasikan subsidi energi dan kompensasi pada program ketahanan energi, termasuk untuk subsidi BBM dalam APBN 2023 senilai Rp339,6 triliun, lebih rendah dari realisasi Tahun Anggaran 2022 sejumlah Rp551,2 triliun.

“Untuk pembatasan masih menunggu regulasi dari pemerintah, dari sisi kami masih tahap sosialisasi dengan menggunakan aplikasi MyPertamina,” kata Fadjar kepada Bloomberg Technoz, Rabu (12/4/2023).