Logo Bloomberg Technoz

Strategi Moratelindo Pertahankan Market Share di 2023

01 April 2023 12:08

Kantor Moratelindo (dok: Moratel)
Kantor Moratelindo (dok: Moratel)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Mora Telematika Indonesia Tbk (Moratelindo/MORA) optimistis dapat mempertahankan bahkan meningkatkan pangsa pasar (market share) di tengah persaingan ketat yang terjadi.

Potensi terbesar bagi Moratelindo adalah wilayah geografis Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau masih banyak yang terjangkau akses internet. Hal ini yang disasar Moratel melalui berbagai produk mulai dari fiber optic hingga akses satelit VSAT. 

Wakil Direktur Utama Moratelindo Genta Andhika Putra mengatakan saat ini market share Moratelindo di infrastruktur fiber optic berkisar di 10-11%. Perseroan masih optimistis dapat tumbuh dengan baik pada tahun ini karena telah memiliki infrastruktur dan produk yang kuat.

Infrastruktur utama adalah jaringan backbone fiber optic yang telah terhubung di berbagai kota di berbagai pulau. Infrastruktur backbone ini termasuk Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Timur yang dibangun mulai 2016-2019. Palapa Ring Barat merupakan jaringan fiber optic dengan panjang sekitar 2.000 km, sementara Palapa Ring Timur memiliki panjang  8.454 km. 

“Dalam perjalanan Moratel, kami lebih banyak jual backbone, yakni jaringan kabel antar kota. Inilah yang menjadi kekuatan kami, yakni backbone,” ujar Genta dalam perbincangan dengan Bloomberg Technoz, Kamis (30/3/2023).