Logo Bloomberg Technoz

Trump Akhiri Pembelaan di Sidang Uang Tutup Mulut Tanpa Bersaksi

News
22 May 2024 18:50

Mantan Presiden AS Donald Trump & pengacaranya Todd Blanche di pengadilan Manhattan, AS Selasa (7/5/2024) (Mary Altaffer/AP Photo/Bloomberg)
Mantan Presiden AS Donald Trump & pengacaranya Todd Blanche di pengadilan Manhattan, AS Selasa (7/5/2024) (Mary Altaffer/AP Photo/Bloomberg)

Erik Larson, David Voreacos dan Sabrina Willmer - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump pernah bersumpah untuk menjadi saksi dalam persidangan pidana uang tutup mulutnya di Manhattan, tetapi kasus pembelaannya berakhir pada Selasa pagi tanpa juri mendengar dari mantan presiden tersebut.

"Yang mulia, pembelaan sudah selesai," kata pengacara Trump, Todd Blanche, setelah hampir lima minggu memberikan kesaksian, sebagian besar dari saksi penuntut.

Keputusan Trump menghindarkannya dari pemeriksaan silang yang melelahkan yang dapat membuatnya berisiko melemahkan kasusnya sendiri dengan mengecam jaksa penuntut atau bahkan hakim, seperti yang telah dilakukan mantan presiden itu dalam persidangan-persidangan sebelumnya. Memberikan kesaksian juga dapat mengalihkan beban kepada Trump alih-alih kepada jaksa penuntut, yang harus membuktikan dakwaan tanpa keraguan.

"Ini mungkin salah satu dari sedikit kesempatan ketika Donald Trump mendengarkan pengacaranya dan menerima nasihat mereka," kata Miriam Baer, wakil dekan di Brooklyn Law School dan mantan jaksa federal.