Logo Bloomberg Technoz

Pertama Kali Trump Ungguli Biden dalam Galang Dana Kampanye

News
21 May 2024 16:20

Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara saat tiba di pengadilan Manhattan, New York, AS, Selasa (7/5/2024). (Curtis Means/Daily Mail/Bloomberg)
Mantan Presiden AS Donald Trump berbicara saat tiba di pengadilan Manhattan, New York, AS, Selasa (7/5/2024). (Curtis Means/Daily Mail/Bloomberg)

Bill Allison - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump mengumpulkan dana kampanye lebih banyak dibandingkan Joe Biden pada bulan lalu. Ini untuk pertama kalinya dalam siklus pemilu AS. Namun tim kampanye Biden masih memiliki keunggulan finansial yang besar dibandingkan rivalnya dari Partai Republik tersebut. 

Menurut pernyataan dari tim kampanye, Biden dan Partai Demokrat mengumpulkan US$51 juta pada bulan April, dibandingkan dengan US$76 juta yang dikumpulkan Trump dan Komite Nasional Partai Republik. Biden memulai bulan Mei dengan dana sebesar US$192 juta, lebih dari dua kali lipat dari jumlah yang dilaporkan oleh rivalnya.

Peningkatan dana kampanye Trump datang setelah menghadiri beberapa penggalangan dana besar, termasuk acara di Palm Beach yang diselenggarakan oleh miliarder John Paulson, dan mendapatkan dukungan dari donor besar di sektor minyak dan gas.

Joe Biden vs Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

Tim kampanye, partai politik, dan komite aksi politik (Political Action Committee/PAC) utama yang mendukung mereka mengajukan laporan bulanan ke Komisi Pemilihan Federal. Berikut perbandingannya:

Joe Biden

  • Biden dan Komite Nasional Partai Demokrat (Democratic National Committee/DNC) mengumpulkan US$51 juta pada bulan April dan mengakhiri bulan dengan kas sebesar US$192 juta.
  • Future Forward PAC, PAC super yang ditunjuk Biden, mengumpulkan US$16 juta dan memiliki kas sebesar US$57 juta.