Logo Bloomberg Technoz

Empat Saham Bank Besar RI Menguat Saat Inflasi AS Melandai

Muhammad Julian Fadli
16 May 2024 11:05

Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga saham empat bank besar RI kompak menguat seiring dengan pengumuman Indeks Harga Konsumen (IHK) inti atau inflasi Amerika Serikat yang berhasil melandai, membuka peluang pemangkasan suku bunga acuan Bank Sentral AS mencapai dua kali tahun ini.

Kenaikan kkempat saham bank besar tersebut searah dengan Indeks Harga Saham Gabungan yang semakin tinggi. Pukul 10.40 WIB, IHSG melesat 84,52 poin atau setara dengan penguatan 1,18% ke level 7.264,35.

Pelaku pasar sebelumnya memperkirakan hanya satu kali pemangkasan suku bunga acuan tahun ini, tetapi meningkat menjadi dua kali setelah data inflasi diumumkan semalam. 

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, acuan inflasi AS yang mendasari harga-harga berhasil melambat pada April untuk pertama kalinya dalam enam bulan, mengindikasikan tekanan yang terjadi mulai mereda secara bertahap dan mendukung niat Federal Reserve untuk memangkas suku bunga di tahun ini.

Para ekonom melihat ukuran inti sebagai indikator yang lebih baik dari inflasi yang mendasari daripada IHK secara keseluruhan. Ukuran tersebut hanya menguat 0,3% dari bulan sebelumnya, 0,4% dan 3,4% dari tahun lalu, 3,5%, angka Biro Statistik Tenaga Kerja.