Logo Bloomberg Technoz

Alasan Polri Kukuh Pakai Istilah KKB Dibanding OPM di Papua

Dinda Decembria
10 May 2024 13:15

Sejumlah remaja menurut TNI direkrut bergabung dalam kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)
Sejumlah remaja menurut TNI direkrut bergabung dalam kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno mengungkap alasan Kepolisian atau Polri masih menggunakan istilah kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap kelompok yang melakukan kekerasan dengan klaim upaya kemerdekaan Papua. 

Hal ini disebut berbeda dengan TNI yang menggunakan istilah Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada kelompok tersebut.

"Terkait nomenklatur KKB dan OPM. Kami dari Polri sampai saat ini tetap menggunakan nomenklatur KKB, bukan OPM,” kata Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Damai Cartenz, Ajun Komisaris Besar Bayu Suseno dikutip dari laman Humas Polri, Jumat (10/5/2024).

Dijelaskan Bayu bahwa Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 ialah operasi yang digelar oleh Mabes Polri dengan pendekatan penegakan hukum, bukan operasi militer sebagaimana TNI. Ia juga mengaku hingga saat ini memang belum ada keputusan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk merubah nomenklatur KKB menjadi OPM.

Oleh karenanya sebagai Satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 akan tetap menggunakan nomenklatur KKB dalam setiap pernyataan yang dikirimkan kepada wartawan.