Logo Bloomberg Technoz

iPad Pro 2024 Kuat untuk Jalankan AI, Bisa Gantikan Laptop?

Redaksi
09 May 2024 11:30

Ilustrasi iPad rilis terbaru Apple Inc tahun 2024. (Dok: Perusahaan)
Ilustrasi iPad rilis terbaru Apple Inc tahun 2024. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Apple menjual cip M4 yang diklaim mampu menjalankan fungsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada perangkat teranyar, iPad Pro 2024. Mungkihkan kerja AI yang di tablet Apple bisa menggantikan laptop atau Macbook?

Peluncuran ini mengakhiri masa paceklik terpanjang Apple dalam peluncuran iPad baru sejak co-founder Steve Jobs pertama kali memperkenalkan perangkat ini pada tahun 2010.

Pada iPad Pro 2024, yang memiliki system on a chip (SoC) paling baru, M4, menjanjikan lompatan terbesar dalam hal performa. CPU rancangan baru Apple untuk iPad Pro punya kekuatan 10 cores, sementara GPU new 10-cores dibangun di atas arsitektur GPU next-gen yang diperkenalkan pada M3.

Cip M4 menghadirkan performa CPU hingga 1,5x lebih cepat dibandingkan M2 yang bertenaga pada iPad Pro sebelumnya. Spesifikasi yang ditawarkan dapat secara signifikan menaikkan kinerja aplikasi atau game online seri profesional.

“Cip M4 memiliki neural engine tercepat yang pernah ada di Apple, yang mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik, dan  lebih cepat daripada neural processing unit (NPU) PC AI mana pun saat ini,” tulis Apple.

Berikut ini klaim ‘killer’ iPad Pro yang baru rilis 7 Mei 2024:

  1. Kinerja CPU yang 50% lebih cepat daripada yang ada di iPad Pro saat ini.

  2. Kinerja GPU 4 kali lebih cepat, terdorong pula dari teknologi 3-nanometer generasi kedua.

  3.  Jika dibandingkan dengan iPad tahun 2017, terjadi peningkatan pada neural engine sekitar 60 kali lipat.