Logo Bloomberg Technoz

JP Morgan Naikkan Rekomendasi Saham BBRI Jadi Overweight

Muhammad Julian Fadli
07 May 2024 13:55

Dok: BRI
Dok: BRI

Bloomberg Technoz, Jakarta - JP Morgan menaikkan peringkat atau rating rekomendasi saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi Overweight dari sebelumnya Neutral. Ini mencerminkan analis memiliki keyakinan tinggi bahwa saham BBRI dapat mengungguli benchmark pasar, atau saham sejenis di industrinya.

Dalam riset JP Morgan terbaru dari Harsh Wardhan Modi, Selasa (7/5/2024) memaparkan, Bank BRI merupakan perbankan unggulan nomor satu dalam hal pemberian pinjaman bersifat mikro di Indonesia. Bank ini memiliki pinjaman mikro mencapai ~50% dari keseluruhan pinjamannya, dan Bank BRI juga merupakan salah satu bisnis pemberian pinjaman mikro yang paling efisien di sepanjang siklus.

Sementara itu, JP Morgan menyebut, saat ini, ketidakpastian ekonomi tengah menyeret kualitas aset perbankan ke dalam tekanan, yang merupakan hasil dari pergeseran makro fundamental, seperti inflasi tinggi, melemahnya belanja fiskal, dan proses yang terbatas, yang telah terjadi belakangan ini.

"Bagi pemberi pinjaman yang berorientasi pada proses, telah mengambil tindakan korektif atas pembentukan pinjaman bermasalah, episode-episode ini memungkinkan untuk memperbaiki diri dan pulih kembali," mengutip riset JP Morgan tersebut.

Dok. BRI

Dalam pandangan JP Morgan, Bank BRI bergerak cukup cepat dalam hal meningkatkan jangkauan kendali petugas kredit dalam prosesnya di lapangan (mikro) di mana terdapat 519 peminjam per-petugas kredit pada Desember 2023 dibandingkan dengan 375 pada Desember 2019, seiring dengan peningkatan kemudahan dalam akses perbankan digital untuk pelanggan, agen, dan karyawan bank.