Logo Bloomberg Technoz

Fenomena Bulan Baru, BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Banjir Rob

Redaksi
07 May 2024 06:35

Ilustrasi Kawasan Pantai Jakarta. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi Kawasan Pantai Jakarta. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir atau banjir rob di sejumlah wilayah Indonesia pada 6-18 Mei 2024.

Hal ini merujuk pada terjadinya fenomena fase bulan baru yang diprediksi mencapai puncaknya pada Rabu mendatang (8/5/2024). Fenomena ini akan menciptakan ketinggian pasang air laut mencapai titik maksimum; atau lebih tinggi dari kondisi umumnya.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut; banjir rob berpotensi di beberapa wilayah pesisir di Sumatra yaitu pesisir Sumatra Utara, pesisir Kepulauan Riau, dan pesisir Sumatra Barat.  Demikian pula di wilayah Pulau Jawa yaitu pesisir Banten, pesisir Jakarta, pesisir Jawa Tengah, dan pesisir Jawa Timur. Selain itu juga berpotensi terjadi di pesisir Kalimantan Timur, pesisir Sulawesi Tenggara, dan pesisir Papua Selatan.

Menurut BMKG, potensi banjir rob pada tiap wilayah akan memiliki waktu yang berbeda, baik hari hingga jam terjadinya. Secara umum, peningkatan tinggi pasang air laut akan berdampak pada aktivitas masyarakat di kawasan pesisir dan kegiatan di pelabuhan. Selain itu, BMKG juga mengingatkan potensi dampak dari fenomena fase bulan baru ini pada aktivitas tambak dan perikanan darat di sekitar wilayah pesisir tersebut.

"Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut," tulis BMKG.