Logo Bloomberg Technoz

Terbitkan Inpres Jalan dan Air Bersih, Jokowi Kritik Kerja Pemda

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 May 2024 12:40

Presiden Jokowi dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Dok. Bloomberg)
Presiden Jokowi dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersoalkan peran dan kerja pemerintah daerah dalam upaya pembangunan infrastruktur dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah. Dia mengklaim, pemerintah pusat sudah mengambil peran sangat banyak akan tetapi tak diimbangi dengan kerja pemda.

"Jangan semuanya pemerintah pusat. Ini kalau dengar inpres jalan daerah lalu inpres sambungan ke rumah tangga untuk air minum; [hanya respon] alhamdulilah. Bapak ibu [pemerintah daerah] mengerjakan yang mana?" kata Jokowi, Senin (6/5/2024).

Menurut dia, pemerintah pusat sudah membangun jalan tol, pelabuhan, dan bandara. Harapannya, pemerintah daerah bisa membangun jalan-jalan yang memperpanjangnya ke akses pusat-pusat ekonomi. Akan tetapi, banyak pembangunan jalan atau akses tersebut mangkrak, bahkan belum juga dimulai.

Beberapa daerah, kata Jokowi, juga memberikan respon yang keliru. Seharusnya, pemda memprioritaskan pembangunan jalan pada pusat-pusat pertumbuhan ekonomi, ketimbang sekadar jalan transportasi harian masyarakat.

"Jangan sampai jalan hanya dipakai untuk harian. Tapi harus ada ini jalan logsitik, ini jalan menuju sentra produktif untuk pertanian atau perkebunan, sehingga menimbulkan return ekonomi," kata Jokowi.