Logo Bloomberg Technoz

Timnasnya Ditolak, Tapi Israel Lancar Ekspor Barang ke RI

Hidayat Setiaji
28 March 2023 11:01

Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Israel. (Scott Eells/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia U-20 yang digelar tahun ini. Namun kejuaraan tersebut menuai polemik, karena Israel menjadi salah satu negara peserta putaran final.

Indonesia memang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Posisi Indonesia sejak masa Orde Lama tidak berubah, mendukung kemerdekaan Palestina dari pendudukan Israel.

Berbagai pihak ramai-ramai menolak keikutsertaan Israel di kejuaraan yang melambungkan nama Lionel Messi tersebut. Dua kepala daerah, yaitu Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah contohnya. Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) pun turut memberikan suara kontra.

Meski Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan Israel, relasi perdagangan kedua negara tetap terjadi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat aktivitas ekspor-impor yang melibatkan Indonesia dan Israel.

Namun, nilai perdagangan kedua negara masih sangat terbatas. Jangan dibandingkan dengan negara-negara mitra dagang utama seperti China, Amerika Serikat (AS), Jepang, atau India.