Logo Bloomberg Technoz

Akan Jadi IPO Jumbo di 2023, Ini Prospek Bisnis Harita Nickel

Muhammad Julian Fadli
27 March 2023 17:35

Trimegah Bangun Persada akan genjot produksi pasca IPO.
Trimegah Bangun Persada akan genjot produksi pasca IPO.

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) merupakan perusahaan sektor pertambangan dan pengolahan nikel terintegrasi. NCKL tengah menjalankan proses IPO dengan potensi raihan dana segar sekitar Rp 10 triliun atau US$ 659 juta. 

Trimegah Bangun Persada yang terafiliasi dengan Grup Harita Nickel baru saja menuntaskan pembentukan harga saham perdana, akhir pekan lalu. Sumber Bloomberg Technoz menginformasikan harga IPO NCKL Rp 1.250/saham dan kecil kemungkinan berubah.

Jadwal target efektif NCKL akan diperoleh pada 3 April, dengan periode penawaran umum mulai 5 April hingga 10 April mendatang. Dalam paparannya kepada media, pekan lalu Direktur Utama NCKL Roy A. Arfandy menyatakan saham IPO akan ditawarkan ke beberapa investor luar negeri.

Manajemen Harita Nickel akan menggelar roadshow ke sejumlah negara, diantaranya Hong Kong, China, dan Singapura untuk Asia, Amerika Serikat (AS), juga Eropa. Diketahui Harita Nickel melepas sebanyak 18% kepemilikan saham dari total modal yang ditempatkan.

Dalam laporan Bloomberg News terkini, jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 8 miliar, atau berkurang jika dibandingkan prospektus awal Trimegah Bangun Persada sebesar 12 miliar lembar.