Logo Bloomberg Technoz

Bakal Capres AS Ditangkap karena Ikut Demo Pro Palestina

Redaksi
29 April 2024 12:00

Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)
Demonstrasi mahasiswa pro-Palestina di kampus Universitas Columbia pada 22 April 2024. (Fotografer: Stephanie Keith/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jill Stein dari Partai Hijau AS telah ditangkap dalam sebuah demonstrasi pro-Palestina di Universitas Washington di St Louis, Missouri. Penangkapan Stein terjadi di tengah-tengah tindakan keras nasional terhadap demonstrasi anti-Israel.

Stein, manajer kampanyenya, dan wakil manajer kampanyenya termasuk di antara 100 orang yang ditahan di sebuah kamp protes di kampus Washington University pada Sabtu. Rekaman video menunjukkan perempuan berusia 73 tahun itu digiring keluar dari kamp oleh tiga petugas polisi, dengan tangan terikat di belakang punggungnya dengan resleting.

Perkemahan tersebut didirikan untuk menuntut agar universitas tersebut melepaskan diri dari Boeing, yang memproduksi senjata yang digunakan oleh militer Israel untuk menyerang Gaza, manajer kampanye Stein, Jason Call, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Kampanye Stein mendukung tuntutan para mahasiswa dan protes damai serta perkumpulan mereka di kampus," kata Call, melansir Russia Today, Senin (29/4/2024). "Protes mahasiswa untuk perdamaian dan kebebasan sipil selalu mewakili bagian terbaik dari hati nurani moral kolektif kita. Solidaritas."

Aksi di Universitas Washington merupakan salah satu dari sekitar empat lusin aksi yang dilakukan di kampus-kampus di seluruh AS dan Kanada dalam beberapa pekan terakhir. Selain menuntut agar universitas mereka melepaskan diri dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel, para pengunjuk rasa juga menyerukan agar pemerintah AS menghentikan dukungan keuangan dan militernya untuk Israel atas perang di Gaza.