Logo Bloomberg Technoz

BI melaporkan, selama kuartal 1-2024, terjadi arus keluar modal asing sebesar US$400 juta di mana hal itu berlanjut pada kuartal II-2024 sampai 22 April lalu dengan net outflows mencapai US$1,9 miliar.

Pasar uang antar bank

Keputusan BI rate mengerek bunga acuan di luar ekspektasi pasar, hanya 11 dari 41 analis yang memprediksi kenaikan, membawa selisih antara bunga acuan Indonesia melebar dari Fed fund rate menjadi 75 bps dan akan diikuti kenaikan bunga pinjaman di pasar uang antar bank (PUAB).

Bunga JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate) tenor satu pekan saat ini ada di kisaran 6,25%. Sedangkan tenor 1 bulan ada di posisi 6,65%. Kenaikan BI rate akan turut mengerek bunga JIBOR menjadi 6,5% untuk tenor satu pekan dan ke 6,9% untuk tenor satu bulan, menurut prediksi Lionel.

Bunga JIBOR overnight yang kini sudah di 5,95% juga akan ikut terkerek memberi tekanan lebih besar bagi bank-bank yang membutuhkan likuiditas dalam tempo singkat. Bunga pinjaman yang naik akan mendorong perbankan, terutama yang mengalami keketatan likuiditas, untuk menaikkan bunga simpanan mereka dan pada akhirnya mengerek bunga kredit yang disalurkan ke sektor riil.

(rui)

No more pages