Logo Bloomberg Technoz

Beri Ucapan Selamat, Ini Pesan Anies-Muhaimin untuk Prabowo

Mis Fransiska Dewi
23 April 2024 10:00

Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar usai sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar usai sidang perdana perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK, Kamis (27/3/2024) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan -Muhaimin Iskandar akhirnya mengucapkan selamat kepada paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini disampaikan usai gugatan PHPU Pilpres 2024 yang diajukan Anies-Muhaimin ditolak Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (22/4/2024).

“Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran. Selamat menjalankan amanat konstitusi selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies dikutip dari youtube akun Anies Baswedan. 

Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga memberikan pendapat pribadinya tentang sosok Prabowo Subianto yang menjadi presiden terpilih untuk periode 2024-2029. Menurut dia, menteri pertahanan tersebut adalah seorang patriot yang telah mengalami pendidikan modern sejak usia belia.

Prabowo dinilai memiliki latar belakang yang baik karena berasal keluarga intelektual terpandang, yaitu anak dari Soemitro Djojohadikusumo. Hal ini, menurut Anies, mampu membuat Prabowo memahami arti demokrasi yang baik; termasuk keberadaan oposisi atau lawan politik dalam sistem negara ke depan.

Hal ini seolah menjadi pesan dan kritik Anies terhadap kabar upaya Prabowo untuk membuat koalisi gemuk pada pemerintahannya. Ketua Umum Partai Gerindra ini tengah berupaya mengajak bergabung para ketua umum partai politik pengusung lawannya di Pilpres 2024 yaitu PDIP, PPP, Partai Nasdem, PKB, dan PKS.