Logo Bloomberg Technoz

Pindah ke IKN Agustus 2024, ASN Akan Dapat Apartemen & Tunjangan

Pramesti Regita Cindy
17 April 2024 15:15

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahap awal atau setelah Agustus 2024 akan mendapat sejumlah keuntungan.

Menurut dia, setiap ASN yang pindah ke IKN akan mendapat masing-masing satu unit apartemen. Pemerintah rencananya akan membangun 47 tower hunian bagi ASN di kawasan IKN.

"Setiap pegawai ASN akan mendapat satu unit hunian apartemen. Prinsipnya itu. Bahwa kemudian di tahap awal sebagian akan sharing, itu adalah bagian kebijakan tambahan," kata Anas, Rabu (17/4/2024).

Hingga Juni 2024, baru akan rampung sekitar 12 tower hunian. Sedangkan sebanyak 35 tower apartemen lainnya baru diprediksi kelar pada Desember 2024. Hal ini membuat para ASN yang pindah ke IKN untuk sementara waktu akan tinggal bersama di satu unit apartemen. 

Selain janji jaminan tempat tinggal, Anas juga mengatakan, kementeriannya tengah menggodok adanya tunjangan tambahan bagi ASN yang pindah pada tahap pertama tersebut. Dia menyebutnya sebagai tunjangan pionir.