Logo Bloomberg Technoz

Dari sisi eksternal, memang tekanan terhadap rupiah dan mata uang negara-negara berkembang sedang tinggi. Tren penguatan dolar AS membuat mata uang negara-negara lain melemah.

Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback di hadapan 6 mata uang utama dunia) saat ini berada di level 106. Sesuatu yang belum pernah terlihat sejak Oktober tahun lalu.

Dollar Index (Sumber: Bloomberg)

Penguatan dolar AS terjadi karena pasar makin pesimistis bahwa bank sentral Federal Reserve bisa menurunkan suku bunga acuan dalam waktu dekat. Bahkan prospek penurunan Federal Funds Rate makin terbatas, mungkin hanya sekali tahun ini.

Sumber: Bloomberg

Teranyar dolar AS mendapat angin segar dari pernyataan Gubernur Bank Sentral Federal Reserve Jerome ‘Jay’ Powell. Dalam sebuah diskusi panel di Washington DC, Powell memberi sinyal bahwa penurunan suku bunga acuan mungkin akan tertunda karena ekonomi Negeri Adikuasa yang masih digdaya.

“Sejumlah data terakhir jelas tidak membuat kami percaya diri dan memberi indikasi mungkin butuh waktu lebih lama untuk mencapai keyakinan itu. Dengan solidnya pasar tenaga kerja dan inflasi sejauh ini, maka menjadi layak (appropriate) untuk menerapkan kebijakan restriktif  lebih lama lagi dan melihat bagaimana data berkembang,” jelas Powell, seperti diwartakan Bloomberg News.

Ditopang oleh sentimen suku bunga yang higher for longer, dolar AS pun kembali menguat. Akibatnya, mata uang negara-negara lain sepertinya akan menjadi ‘tumbal’, tidak terkecuali rupiah.

Fundamental Rapuh

Namun di dalam negeri, bukan berarti rupiah tidak menghadapi problema. Masalah yang terus membayangi rupiah adalah fundamental yang lemah.

Fundamental rupiah yang rapuh disebabkan oleh ekonomi Indonesia yang masih terbeban oleh defisit kembar alias twin deficit. Defisit itu adalah di sisi fiskal dan transaksi berjalan (current account).

Di sisi fiskal, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih terus mengalami defisit. APBN yang defisit berarti pemerintah harus menambalnya dengan menarik utang.

Kala utang itu datang dari luar negeri, maka kebutuhan valas pemerintah meningkat. Hasilnya, rupiah akan tertekan.

Sumber: BI

Di sisi transaksi berjalan, Indonesia pun kerap kali mengalami defisit. Transaksi berjalan adalah neraca yang menggambarkan pasokan valas dari ekspor-impor barang dan jasa.

Pasokan valas dari pos ini lebih bertahan lama, jangka panjang, ketimbang yang datang dari investasi portofolio di pasar keuangan (hot money). Jadi, tidak heran transaksi berjalan merupakan fundamental penting bagi mata uang sebuah negara.

Sumber: BI

Dengan fundamental yang rapuh tersebut, maka tidak heran rupiah dalam tren melemah. Tanpa perbaikan struktural, sulit bagi twin deficit untuk pergi dan rupiah akan terus dihantui depresiasi.

(aji)

No more pages