Logo Bloomberg Technoz

Israel Habiskan Dana Rp16 Triliun Cegat Serangan Rudal Iran

Redaksi
16 April 2024 20:00

Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)
Iran Serang Israel (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan penasihat ekonomi Israel untuk militer, Jenderal Reem Adminaoch mengungkapkan bahwa Israel menghabiskan lebih dari US$1 miliar atau sekira Rp16 triliun untuk pertahanannya guna menghadang serentetan serangan drone dan rudal Iran pada Sabtu.

"Biaya pertahanan semalam diperkirakan antara 4-5 miliar shekel (US$1,08-1,35 miliar)," kata Jenderal Reem Adminaoch, seperti dikutip dari New Arab, Selasa (16/4/2024).

"Satu rudal Arrow yang digunakan untuk mencegat rudal balistik Iran berharga 3,5 juta dolar AS, sementara biaya satu rudal David Sling adalah 1 juta dolar AS, di luar biaya sorti pesawat yang ikut mencegat pesawat tak berawak Iran," imbuhnya.

"Saya hanya berbicara tentang pencegatan terhadap apa yang diluncurkan oleh Iran dan bukan cedera yang hanya sedikit terjadi kali ini."

Yehoshua Kalisky, seorang peneliti senior di lembaga pemikir Institute for National Security Studies di Tel Aviv, mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa biayanya "sangat besar" dan sebanding dengan apa yang telah dihabiskan Israel selama perang Arab-Israel tahun 1973.