Logo Bloomberg Technoz

Dia juga meminta bank sentral untuk menghindari pelonggaran moneter yang prematur atau tertunda, yang berisiko memicu kejutan inflasi baru atau melemahkan aktivitas ekonomi.

“The Fed bertindak dengan hati-hati,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Presiden Dewan Atlantik Fred Kempe setelah pidatonya, yang dia sampaikan di lembaga think tank tersebut.

Pemerintahan Biden juga kemungkinan akan “melihat apa yang bisa dilakukan agar perekonomian tidak terlalu panas hingga mencapai titik yang tidak sehat,” katanya, seraya memperingatkan bahwa dolar yang kuat dalam jangka panjang berisiko menimbulkan kekhawatiran terhadap stabilitas keuangan bagi negara-negara lain.

“Ada kapasitas kebijakan bagi AS untuk mengelola soft landing yang terkenal itu dengan baik,” kata Georgieva. “Jadi kencangkan sabuk pengamanmu – suatu saat kita akan mendarat.”

Negara-negara harus meningkatkan utang mereka ke tingkat yang berkelanjutan dan menerapkan kebijakan untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas melalui transformasi hijau dan digital, katanya.

Georgieva, yang siap memenangkan masa jabatan lima tahun kedua sebagai kepala IMF, berbicara menjelang pertemuan musim semi yang diadakan bersama dengan Bank Dunia di Washington minggu depan.

Georgieva, yang baru saja melakukan perjalanan ke China pada akhir bulan lalu, mengatakan bahwa para pemimpin negara tersebut sadar bahwa mereka harus memetakan arah baru bagi perekonomiannya dengan bersikap lebih tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang gagal di sektor properti, meningkatkan permintaan domestik dan menindaklanjutinya melalui reformasi badan usaha milik negara (BUMN), dan menyelesaikan tantangan utang pemerintah daerah.

Semua hal tersebut penting di luar China, mengingat dampaknya terhadap negara-negara lain di Asia dan seluruh dunia.

“China membuat pilihan yang baik akan berdampak baik bagi semua orang,” katanya.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva. (Sumber: Bloomberg)

Kebijakan Industri

Dia juga menyoroti peningkatan tindakan kebijakan industri di seluruh dunia pada tahun lalu, dengan mengutip analisis yang menunjukkan lebih dari 2.500 intervensi. China, Uni Eropa, dan AS menyumbang hampir setengah dari jumlah tersebut, katanya.

“Ada kebutuhan untuk berhati-hati” dalam tindakan seperti itu, kata Georgieva. Namun dia menambahkan bahwa ada alasan bagi kebijakan industri untuk membantu mengatasi kegagalan pasar, seperti mendorong inovasi untuk mengatasi perubahan iklim.

Ketegangan perdagangan meningkat dalam beberapa bulan terakhir ketika AS dan Eropa mengkritik China karena menerapkan kebijakan yang mereka sebut tidak adil untuk mempromosikan industri termasuk kendaraan listrik, dengan alasan bahwa hal tersebut mengakibatkan kelebihan kapasitas sehingga mendistorsi harga global.

China menolak kebijakan tersebut dengan mengatakan bahwa produksi industri ramah lingkungan saat ini masih jauh dari memenuhi permintaan, dan berjanji untuk bergantung pada pasar untuk menghilangkan kelebihan kapasitas jika ada.

Ketua IMF juga memperingatkan bahwa ada perbedaan yang semakin besar di dalam dan antar kelompok negara, dimana perekonomian Amerika mengalami pemulihan yang kuat sementara Eropa mengalami pemulihan yang lebih bertahap.

Negara-negara berpendapatan rendah menderita dampak terburuk yang paling parah akibat pandemi ini, dan negara-negara yang rentan dan terkena dampak konflik menanggung beban terberat, katanya.

(bbn)

No more pages