Logo Bloomberg Technoz

Tidak hanya menjadi pemasok utama cip canggih, namun mitra dari banyak perusahaan semikonduktor Taiwan adalah nama-nama penting di jajaran industri teknologi — Apple, OpenAI, hingga Nvidia.

TSMC telah menjadi tumpuan industri teknologi karena merupakan yang paling maju dalam memproduksi cip kompleks. Taiwan masih menjadi yang tercanggih dalam pengembangan fasilitas perangkat semikonduktor atau cip di dunia.

Posisi Taiwan saat ini sangat “berpotensi menjadi titik kegagalan tunggal yang paling kritis” dalam industri semikonduktor, disampaikan Jan-Peter Kleinhans, ,direktur Teknologi Stiftung Neue Verantwortung, sebuah lembaga Think Tank asal Berlin, Jerman.

Gempa di Hualien Taiwan (Dok. Bloomberg)

Kabar terbaru TSMC kembali menjalankan produksi sekitar 24 jam pasca evakuasi karyawan. Sesaat bencana gempa terjadi perusahaan memilih untuk menutup operasi sementara, dan menyebut  tidak ada kerusakan pada peralatan pembuatan chip yang paling penting.

Alat rusak akibat gempa tetap ada di beberapa fasilitas, namun jumlahnya relatif kecil. Juru bicara perusahaan menyatakan akan mengerahkan semua sumber daya yang tersedia untuk memastikan pemulihan secara penuh.

“Tidak ada kerusakan pada alat penting kami termasuk semua alat litografi ultraviolet ekstrem kami,” tulis perusahaan. Sekitar  70% hingga 80% mesin kembali beroperasi dalam waktu 10 jam setelah gempa melanda, dilaporkan Bloomberg News.

Mesin paling mahal milik TSMC yang dibeli dari ASML Holding NV, adalah perangkat ultraviolet ekstrem — yang digunakan untuk merekayasa prosesor untuk iPhone terbaru dan cip Nvidia guna melatih model AI seperti ChatGPT.

Vanguard International Semiconductor Corp, perusahaan yang masih terafiliasi dengan TSMC, mengatakan bahwa telah mengoperasikan kembali sekitar 80% mesinnya pada Kamis siang dan melanjutkan produksi secara bertahap. 

Perusahaan yang lebih kecil, United Microelectronics Corp juga mengatakan akan kembali operasi. Gempa tidak berdampak besar pada operasi. UMC telah menghentikan beberapa mesin di beberapa pabrik dan mengevakuasi fasilitas-fasilitas tertentu di pusat-pusatnya di kota Hsinchu dan Tainan.

Analis Jefferies Financial Group Inc percaya kerugian akibat gempa Taiwan bersifat terbatas, atau potensi terganggunya operasional TSMC dapat dikelola, ucap  Citigroup Inc, bernada optimis.

(wep)

No more pages