Logo Bloomberg Technoz

Biden menyuarakan keprihatinannya tentang “dukungan China untuk basis industri pertahanan Rusia,” menurut ringkasan panggilan telepon AS.

Biden menekankan pentingnya supremasi hukum dan kebebasan navigasi di Laut Cina Selatan, menurut pernyataan tersebut.

Gedung Putih mengisyaratkan keputusan tarif yang tertunda, dengan mengatakan bahwa Biden mengangkat “kebijakan perdagangan yang tidak adil dan praktik ekonomi non-pasar China” dan “menekankan bahwa AS akan terus mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah teknologi canggih AS digunakan untuk merusak keamanan nasional kita, tanpa terlalu membatasi perdagangan dan investasi.”

Peninjauan tarif tidak secara khusus muncul dalam pembicaraan kedua pemimpin, kata juru bicara Gedung Putih John Kirby, Selasa.

Biden dan Xi membahas masa depan platform media sosial TikTok yang dimiliki oleh China. Biden berusaha untuk memaksakan penjualan demi mengatasi persoalan keamanan data.

Bagaimana respon Xi Jinping? Ia memaparkan tema militer, perubahan iklim, AI, dan perdagangan narkoba. Xi Jinping ikut menyuarakan keprihatinannya terhadap “beberapa faktor negatif” bahkan ketika hubungan antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini telah stabil. 

Ia mengecam pembatasan dan sanksi AS yang “tak kunjung usai” atas industri teknologi China. Presiden China itu mengatakan bahwa langkah tersebut menciptakan risiko dan bukannya mengurangi risiko.

Xi Jinping juga membahas potensi keterlibatan AS dalam mendukung upaya kemerdekaan Taiwan sebagai “garis merah”.

Media pemerintah China berfokus pada komentar Xi Jinping kepada Biden, mengutip perkataannya: “Jangan membalikkan badan, jangan membuat masalah dan jangan melewati batas.”

Komunikasi Berlanjut

Kedua pemimpin sepakat pada bulan November untuk berkomunikasi secara lebih teratur, karena sudah setahun sejak pembicaraan empat mata sebelumnya. Hubungan tersebut mencapai titik terendah tahun lalu setelah insiden balon udara diduga milik China masuk ke wilayah AS. Biden menghadapi kampanye pemilihan ulang melawan Donald Trump, yang memulai perang dagang melawan China pasca pertama kali ia menjabat dan mengusulkan tarif 60% untuk semua impor China jika ia kembali berkuasa.

AS sedang mempertimbangkan keputusan akhir mengenai tinjauan tarifnya terhadap China, yang diperkirakan akan memberlakukan beberapa pungutan baru, termasuk pada kendaraan yang terhubung.

Gedung Putih belum mengatakan kapan mereka akan mengumumkan tarifnya.

Xi telah berusaha untuk menjaga ketegangan tetap rendah karena ia berusaha untuk menghidupkan kembali ekonomi yang sedang berjuang, mengadakan pertemuan di menit-menit terakhir minggu lalu dengan para pemimpin bisnis Amerika di Beijing termasuk Stephen Schwarzman dari Blackstone Inc dan Cristiano Amon dari Qualcomm Inc.

Presiden Xi Jinping mengatakan kepada kelompok tersebut bahwa ekonomi China belum mencapai puncaknya, sambil meminta perusahaan-perusahaan AS untuk berinvestasi di negaranya. Ia tidak melihat perlunya Washington dan Beijing berpisah, Bloomberg melaporkan pekan lalu.

Pihak AS menyiapkan daftar masalah bilateral dan internasional lainnya untuk didiskusikan Biden dengan Xi: keamanan siber dan kebutuhan AS untuk mencegah teknologi canggih merongrong keamanan nasional; kekhawatiran atas otonomi Hong Kong; seruan agar China membebaskan warga AS yang ditahan secara tidak adil atau berada di bawah larangan keluar dari negara tersebut; dan kekhawatiran atas potensi campur tangan China dalam pemilihan umum AS tahun 2024.

Kunjungan Yellen 

Rencana untuk pertemuan Biden-Xi dipercepat ketika Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan bertemu pada akhir Januari dengan mitranya, Menteri Luar Negeri China Wang Yi, di Bangkok.

Menteri Keuangan Janet Yellen diperkirakan akan mengunjungi Beijing dalam beberapa hari mendatang dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang, menurut seorang pejabat senior AS.

Yellen akan menghabiskan dua hari di pusat komersial dan manufaktur di selatan Guangzhou mulai 5 April, sebelum menuju ke Beijing dan melakukan pembicaraan selama dua hari, Departemen Keuangan mengumumkan pada hari Selasa.

Pemerintahan Biden dalam beberapa bulan terakhir telah meluncurkan serangkaian tindakan untuk melawan China. Langkah-langkah tersebut termasuk perintah tentang keamanan data. Tujuan perintah untuk memutus transaksi yang melibatkan data pribadi warga Amerika yang sangat sensitif dari negara-negara yang dikhawatirkan.

Hal lainnya, investigasi Departemen Perdagangan yang dapat mengarah pada pembatasan impor kendaraan listrik China; dan perintah meningkatkan keamanan siber dan memitigasi risiko derek buatan China di pelabuhan-pelabuhan Amerika.

Namun, Gedung Putih telah menggembar-gemborkan beberapa kemenangan dalam upaya kerja sama dengan China sejak kedua pemimpin bertemu langsung di sela-sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Washington membentuk kelompok kerja anti-narkoba dengan Beijing yang mulai mengadakan pertemuan awal tahun ini, pemulihan komunikasi militer-ke-militer, dan dialog baru tentang cara mengelola risiko AI. Pertemuan AI dijadwalkan akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang, kata pejabat itu kepada wartawan.

(bbn)

No more pages