Logo Bloomberg Technoz

26 Bangunan di Taiwan Runtuh usai Gempa, 4 Orang Tewas

Redaksi
03 April 2024 11:18

Gempa di Hualien Taiwan (Dok. Istimewa)
Gempa di Hualien Taiwan (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gempa bumi mengguncang Taiwan pada Rabu (03/04/2024) yang dikatakan merupakan gempa terkuat yang melanda pulau tersebut dalam setidaknya 25 tahun. Empat orang dikabarkan tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Mengutip CNN, Badan Pemadam Kebakaran (NFA) Taiwan mengatakan satu orang diduga tewas tertimpa batu saat sedang mendaki di wilayah pegunungan Hualien, wilayah timur yang berpenduduk jarang. Tiga orang lainnya juga ditemukan tewas di Hualien, dekat pusat gempa. Sebanyak 57 orang lainnya dikabarkan luka-luka.

Setidaknya 26 bangunan runtuh. Lebih dari setengahnya berada di Hualien. Sekitar 20 orang dikabarkan terjebak dan upaya penyelamatan masih berlangsung.

Sementara itu, badan meteorologi Jepang mengatakan beberapa gelombang tsunami kecil mencapai bagian selatan prefektur Okinawa setelah gempa bumi terjadi. Badan Seismologi Filipina juga mengeluarkan peringatan bagi warga di wilayah pesisir sejumlah provinsi, mengimbau mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Menurut Reuters, gempa susulan masih terasa di Taipei. Badan cuaca pusat Taiwan melaporkan setidaknya 25 gempa susulan tercatat sejauh ini.