Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Bersiap Dibuka Melemah Mengekor Wall Street

News
03 April 2024 06:50

Bursa Asia (Sumber: Bloomberg)
Bursa Asia (Sumber: Bloomberg)

Rob Verdonck dan Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Asia diperkirakan akan mengikuti penurunan Wall Street setelah data ekonomi yang solid dan kenaikan harga komoditas memicu spekulasi bahwa bank sentral utama akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.

Kontrak berjangka untuk indeks saham acuan di Jepang dan Australia turun, sementara kontrak untuk Hong Kong sedikit berubah. Data lowongan pekerjaan AS dan pesanan barang pabrik yang lebih baik dari perkiraan menambah skeptisisme tentang kecepatan pelonggaran kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed). 

Hal ini menyebabkan para pelaku pasar memperkirakan penurunan suku bunga yang lebih sedikit pada 2024 dibandingkan bank sentral itu sendiri, dan mendorong imbal hasil obligasi pemerintah AS 10 tahun ke level tertinggi sejak November. Hal ini membebani saham AS - yang telah mengabaikan perubahan perkiraan kebijakan bank sentral dalam beberapa bulan terakhir di tengah reli yang kuat.

"Investor yang bullish pada saham mungkin akan kesulitan untuk membenarkan pembelian saham pada level tinggi ini saat imbal hasil obligasi naik," kata Fawad Razaqzada dari City Index dan Forex.com. "Kenaikan harga minyak mentah menjadi risiko tambahan bagi prospek inflasi. Selain itu, beberapa laporan ketenagakerjaan diperkirakan akan dirilis sepanjang minggu ini. Perdagangan bisa menjadi fluktuatif."

S&P 500 jatuh. (Sumber: Bloomberg)