Logo Bloomberg Technoz

Iran Kirim Pesan ke AS atas Serangan Mematikan Israel di Damaskus

News
02 April 2024 17:40

Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)

Patrick Sykes - Bloomberg News

Bloomberg, Diplomat tertinggi Iran mengatakan bahwa Teheran telah mengirimkan "pesan penting" kepada AS atas serangan mematikan yang dituduhkan kepada Israel di kompleks konsulatnya di Damaskus.

Iran mengatakan serangan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap konsulat Republik Islam di Suriah pada Senin malam menewaskan sejumlah orang, termasuk seorang komandan militer, memicu ketegangan antara musuh lama Timur Tengah. Minyak naik mendekati level tertinggi lima bulan setelah laporan serangan tersebut.

Israel telah bertahun-tahun secara rutin menyerang target-target di Suriah. Pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah meningkatkan serangan-serangan tersebut sejak perang dengan Hamas yang berbasis di Gaza, sebuah kelompok yang didukung oleh Iran dan ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa, meletus pada Oktober.

Dalam kesibukan aktivitas diplomatik tengah malam setelah serangan tersebut, Kementerian Luar Negeri Iran memanggil utusan Swiss yang mewakili kepentingan diplomatik AS di Iran pada pukul 12.45 waktu setempat pada Selasa untuk menekankan "tanggung jawab pemerintah Amerika" sebagai pendukung Israel, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian menulis di X.