Logo Bloomberg Technoz

Tembaga Naik karena Optimisme Baru atas Prospek Ekonomi China

News
02 April 2024 16:40

Tembaga (Dok: Bloomberg)
Tembaga (Dok: Bloomberg)

Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Tembaga naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu minggu karena investor mempertimbangkan data pabrik yang optimis dari konsumen utama China dan potensi pemangkasan produksi oleh pabrik peleburan terkemuka di negara tersebut.

Para investor menjadi lebih optimis terhadap ekonomi terbesar kedua di dunia ini setelah indeks manajer pembelian manufaktur resmi pada Maret mencatat angka tertinggi dalam satu tahun terakhir, yang merupakan pertumbuhan terbaru bersamaan dengan ekspor yang kuat dan kenaikan harga konsumen. Indeks manufaktur di AS juga secara tak terduga menghentikan penurunan selama 16 bulan berturut-turut.

"Data ekonomi ini membantu sentimen pasar, menandakan pemulihan di industri manufaktur," tulis Galaxy Futures dalam sebuah catatan, menambahkan bahwa data ini mendukung konsumsi bahan baku seperti tembaga yang menghadapi kekhawatiran dari sisi suplai.

Pabrik peleburan China, yang memproduksi lebih dari setengah tembaga olahan dunia, sedang mempertimbangkan pemotongan produksi setelah biaya pemrosesan turun mendekati nol.