Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Ekonomi Bilateral

Pada perkembangannya, AS dan Israel telah banyak bekerja sama dalam berbagai bidang. Bidang ekonomi contohnya. Hubungan ekonomi AS-Israel sangat erat. Perdagangan barang dan jasa bilateral mereka bernilai hampir US$50 miliar setiap tahun.

Washington telah menjadi mitra dagang terbesar Israel sejak Free Trade Agreement (FTA) ditandatangani pada tahun 1985. Sejak itu, perdagangan barang dan jasa bilateral AS-Israel telah tumbuh delapan kali lipat, menjadikan AS sebagai mitra dagang terbesar Israel.

Ekspor barang AS ke Israel pada tahun 2019 mencapai US$14,7 miliar, dengan impor sebesar US$19,6 miliar pada tahun 2019. Ekspor jasa AS ke Israel diperkirakan mencapai US$5,7 miliar pada tahun 2019, dengan impor sebesar US$7,4 miliar.

Untuk memfasilitasi kerja sama ekonomi, kedua negara mengadakan Joint Economic Development Group setiap tahun untuk membahas kemitraan ekonomi dan inisiatif yang mungkin dilakukan di tahun mendatang.

Keamanan AS-Israel

Keamanan Israel merupakan landasan kebijakan luar negeri AS yang telah lama ada. Komitmen AS terhadap keamanan Israel didukung oleh kerja sama pertahanan yang kuat dan Nota Kesepahaman (MOU) senilai US$38 miliar yang ditandatangani oleh AS dan Israel pada tahun 2016.

Konsisten dengan MOU tersebut, AS setiap tahun menyediakan US$3,3 miliar untuk Pembiayaan Militer Asing dan US$500 juta untuk program kerja sama pertahanan rudal.

Selain bantuan keamanan, AS berpartisipasi dalam berbagai pertukaran dengan Israel, termasuk latihan militer bersama, penelitian, dan pengembangan senjata. Selain itu, melalui Kelompok Kontraterorisme Gabungan tahunan dan dialog strategis reguler, AS dan Israel bekerja sama untuk melawan berbagai ancaman regional.

Politik dan Lainnya

Selama beberapa dekade, AS telah menjadi sekutu politik Israel di panggung internasional. Negara ini telah mendukung Israel dalam banyak isu, termasuk hak keamanan dan hak berdaulat. Posisi AS ini sering kali menciptakan ketegangan dalam hubungan dengan negara-negara Arab di Timur Tengah.

AS dan Israel juga mengoordinasikan pertukaran ilmiah dan budaya melalui Binational Science Foundation (BSF), Binational Agricultural Research and Development Foundation (BARD), Binational Industrial Research and Development Foundation (BIRD), dan U.S.-Israel Education Foundation.

Bisa disimpulkan bahwa hubungan AS dan Israel memang telah terbentuk lama. Tak hanya sebagai sekutu militer, mereka juga menjadi mitra kerja sama di berbagai sektor yang saling menguntungkan.

(ros)

No more pages