Logo Bloomberg Technoz

Sidang Pidana Pertama Trump Akan Dimulai 15 April di NY

News
26 March 2024 13:20

Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

Patricia Hurtado dan Erik Larson - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang hakim di New York memutuskan bahwa sidang pidana pertama Donald Trump akan dimulai pada 15 April di Manhattan, mengembalikan kasus ini ke jalurnya setelah penundaan singkat yang disebabkan oleh munculnya ribuan halaman bukti baru.

Hakim Juan Merchan membuat pengumuman tersebut dalam sidang pada Senin saat mantan presiden tersebut menyaksikannya. Keputusan tersebut hampir menjamin bahwa persidangan atas pembayaran uang tutup mulut Trump kepada seorang bintang porno sebelum Pemilu 2016 akan diserahkan kepada juri jauh sebelum para pemilih pergi ke tempat pemungutan suara untuk Pemilu November.

Persidangan awalnya akan dimulai hari ini, namun Merchan menunda selama 30 hari pada 15 Maret atas permintaan Jaksa Wilayah Manhattan, Alvin Bragg. Penundaan tersebut terjadi setelah dokumen baru diserahkan oleh jaksa federal terkait dengan penyelidikan terpisah terhadap mantan pengacara Trump, Michael Cohen, yang mengatur pembayaran uang tutup mulut dan diperkirakan akan menjadi saksi kunci pemerintah di persidangan.

Bakal calon presiden AS dari Partai Republik untuk pemilihan presiden November mendatang itu meninggalkan ruang sidang tak lama setelah tanggal persidangan ditetapkan, sambil mengacungkan jempol kepada para hadirin yang duduk di barisan depan.