Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Singapura Melonjak Akibat Pengeluaran Tahun Baru Imlek

News
25 March 2024 14:50

Jalanan Singapura (Dok: Bloomberg)
Jalanan Singapura (Dok: Bloomberg)

Kevin Varley - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi inti Singapura meningkat pada Februari seperti yang diharapkan karena permintaan yang lebih kuat secara musiman di sekitar Tahun Baru Imlek, dan sepertinya tidak akan mengkhawatirkan bank sentral karena bersiap untuk meninjau pengaturan kebijakan moneter bulan depan.

Ukuran inti, yang tidak termasuk biaya perumahan dan transportasi pribadi, meningkat menjadi 3,6% bulan lalu dari tahun lalu, data resmi menunjukkan pada Senin. Hal ini sedikit lebih cepat dari median kenaikan 3,4% yang diperkirakan dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom, dan dibandingkan dengan 3,1% di Januari.

Inflasi inti Singapura (Dok: Bloomberg)

Inflasi inti yang naik ke level tertinggi dalam tujuh bulan terakhir diperkirakan terjadi di tengah-tengah pengeluaran yang lebih tinggi selama liburan Tahun Baru Imlek. Namun, Otoritas Moneter Singapura (MAS) dan Kementerian Perdagangan dan Industri mempertahankan perkiraan 2,5%-3,5% untuk inflasi tahun 2024, memberikan ruang bagi para pembuat kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Ekonomi Asia Tenggara diperkirakan akan tumbuh antara 1% dan 3% tahun ini, menurut perkiraan resmi yang telah dibagikan sebelumnya.