Logo Bloomberg Technoz

Survei BI: Permintaan Kredit Korporasi Melonjak Februari 2024

Redaksi
22 March 2024 05:12

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) melaporkan kebutuhan pembiayaan korporasi pada Februari 2024 terindikasi meningkat. Hal ini tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 11,1%, lebih tinggi dibanding SBT pada Januari 2024, yakni 6,5%.

Berdasarkan Laporan Survei Pembiayaan Perbankan Februari 2024 BI, pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada lapangan usaha pertanian, informasi dan komunikasi, serta real estate.

"Kebutuhan pembiayaan korporasi terutama digunakan untuk mendukung aktivitas operasional dan membayar kewajiban jatuh tempo," demikian tertulis dalam laporan survei yang terbit pada Kamis (21/3/2024).

Menurut survei, responden menyampaikan bahwa kebutuhan pembiayaan masih dipenuhi terutama berasal dari dana sendiri, yakni mencapai 67,7%, lebih tinggi dibanding Januari 2024. Kemudian, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, yakni 9,7%, meski lebih rendah dibanding bulan sebelumnya.

Sumber pembiayaan korporasi lain berasal dari pembiayaan perbankan dalam negeri, yakni 8,6%, terindikasi meningkat dibanding bulan sebelumnya.