Logo Bloomberg Technoz

Menkopolhukam Klaim Jadwal Penetapan Hasil Pemilu 2024 Tetap

Muhammad Fikri
15 March 2024 17:40

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavia dan petinggi lembaga keamanan negara. (Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto bersama Mendagri Tito Karnavia dan petinggi lembaga keamanan negara. (Tangkapan layar Youtube Kemenko Polhukam)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan, pemerintah dan aparat keamanan memastikan pelaksanaan penetapan hasil Pemilu 2024 tetap sesuai jadwal. Rencananya akan berlangsung pada Rabu (20/3/2024).

Hal ini disampaikan meski dia tak menafikan adanya sejumlah potensi aksi protes terhadap proses rekapitulasi hingga penetapan hasil di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Permasalahan-permasalahan itu memang ada, tapi saya sampaikan skalanya masil kecil. Dan, memang kecil hingga sedang," Hadi di Kantor Menkopolhukam RI, Jum’at (15/3/2024).

"Kami mengantisipasi dengan kepolisian dan juga TNI untuk bisa mencegah dan mengamankan supaya tidak terjadi eskalasi yang lebih besar."

Mantan Panglima TNI ini juga mengklaim pemerintah terus mendapatkan informasi perkembangan situasi dari intelijen seperti Badan Intelejen Negara (BIN) dan Badan Intelejen Strategis (BAIS) TNI.

Massa yang menolak hasil pemilu yang dinilai penuh kecurangan demo di Kantor KPU Pusat, Jumat (23/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)