Logo Bloomberg Technoz

Huawei Telah Buktikan Jadi Perusak Pasar Apple iPhone

Redaksi
06 March 2024 11:20

Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)
Toko jaringan Huawei. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Huawei Technologies Co dengan perangkat baru dan tercanggih Mate 60 Pro menjadi duri bagi Apple Inc. iPhone menjadi kalah pamor dengan catatan penurunan penjualan 24% sejak awal tahun 2024.

“Walau terjadi penurunan kepercayaan konsumen, kenaikan perangkat Huawei memungkinkan perusahaan terus memenuhi permintaan untuk seri Mate 60 yang populer,” kata analis Counterpoint Research, Ivan Lam.

Pembelian perangkat ponsel Huawei yang perusahaan produksi sendiri, dilaporkan mengambil pangsa pasar iPhone milik Apple sebelumnya. Berdasarkan catatan penjualan Bloomberg News, Huawei mengalami lonjakan 16,5% di China—pasar terbesar Apple non Amerika Serikat (AS) — dalam enam minggu pertama.

“Tahun sebelumnya memang relatif terjadi tekanan, namun karena terdapat isu Apple [di pasar China], menjadi terdapat lebih banyak ruang gerak [Huawei] dalam jangka pendek. Promosi agresif dalam peringatan Hari Perempuan hanya salah satu contoh,” terang dia.

Kenaikan penjualan Huawei memperbaiki posisi sebelumnya yang hanya tumbuh 9,4%. Produsen yang terafiliasi, namun telah memisahkan diri dari Huawei, Honor Device Co juga mengalami kenaikan penjualan unit sekitar 2%.