Logo Bloomberg Technoz

2 Tahun Perang, G7 Janji Beri Sanksi Baru ke Rusia

Redaksi
25 February 2024 15:30

Ilustrasi Rusia (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Rusia (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Negara-negara G7 menjanjikan dukungan untuk Ukraina dan sanksi baru terhadap Rusia. Komitmen itu disampaikan usai pertemuan virtual pada peringatan tahun kedua perang Rusia dan Ukraina.

Dikutip AFP, Minggu (25/2/2024), dalam pernyataan setelah pertemuan tersebut, yang juga dihadiri oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, para pemimpin G7 berjanji untuk 'menaikkan biaya' perang Rusia terhadap Ukraina. Para pemimpin G7 tidak membuat pernyataan publik apa pun mengenai bantuan militer lebih lanjut ke Ukraina, namun mendesak 'persetujuan dukungan tambahan untuk menutup sisa kesenjangan anggaran Ukraina pada tahun 2024'.

"Kami akan terus menaikkan biaya perang Rusia, menurunkan sumber pendapatan Rusia, dan menghambat upaya Rusia membangun mesin perangnya," kata kelompok yang beranggotakan Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, dan Kanada itu. 

G7 juga meminta Iran untuk berhenti membantu militer Rusia dan menyatakan keprihatinannya mengenai transfer komponen senjata, peralatan militer, dan bahan-bahan penggunaan ganda yang dilakukan oleh bisnis Tiongkok ke Moskow.

Terakhir, para pemimpin G7 menuntut Rusia "mengklarifikasi sepenuhnya keadaan" seputar kematian pemimpin oposisi Alexei Navalny. Diketahui, Navalny, kritikus paling terkemuka terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, meninggal di penjara Arktik pekan lalu. Setelah kebuntuan selama seminggu, jenazahnya akhirnya diserahkan kepada ibunya pada Sabtu, menurut timnya.