Logo Bloomberg Technoz

Investigasi Kecelakaan Maut Heli Whitesky, KNKT Mulai Olah TKP

Dovana Hasiana
23 February 2024 09:20

Ilustrasi, Helikopter Whitesky Aviation. (Dok. Whitesky Aviation)
Ilustrasi, Helikopter Whitesky Aviation. (Dok. Whitesky Aviation)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) diperkirakan baru akan tiba di lokasi jatuhnya (crashed site) Helikopter Bell 429 PK-WSW milik Whitesky Aviation di Maluku Utara pada hari ini, Jumat (23/2/2024).

Seperti diketahui, Badan SAR Nasional (Basarnas) mengatakan helikopter itu jatuh di kawasan areal pertambangan nikel Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengonfirmasi tim investigasi KNKT telah tiba di Halmahera kemarin, Kamis (22/1/2024). Namun, dibutuhkan waktu 16 jam untuk menuju lokasi jatuhnya helikopter dari Halmahera.

“Sepertinya baru hari ini tim KNKT bisa mencapai crashed site. Dari Halmahera ke Weda butuh 10 jam, dari Weda ke tambang dekat crashed site sekitar 3 jam dan dari tambang ke crashed site menggunakan mobil khusus 3 jam,” ujar Soerjanto ketika dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (23/2/2024).

Dengan demikian, Soerjanto belum bisa memastikan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan investigasi di lapangan. Setelah investigasi di lapangan, KNKT juga masih harus melakukan analisis dan menulis laporan.