Logo Bloomberg Technoz

Respons Kemenhub Atas Kecelakaan Maut Heli Sewaan IWIP di Malut

Dovana Hasiana
22 February 2024 09:30

Ilustrasi, Helikopter Whitesky Aviation. (Dok. Whitesky Aviation)
Ilustrasi, Helikopter Whitesky Aviation. (Dok. Whitesky Aviation)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan mengatakan bakal menunggu hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ihwal Helikopter Bell 429 PK-WSW dari Whitesky Aviation yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak pada Selasa (20/1/2024) dan jatuh di areal pertambangan nikel, Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah mengatakan kementerian nantinya akan melakukan evaluasi dan perbaikan berdasarkan hasil rekomendasi dari KNKT.

“Prosedurnya nanti [harus] tahu dahulu penyebabnya apa, itu [tugas] KNKT. Baru nanti Kemenhub melakukan review atau perbaikan lainnya berdasarkan hasil KNKT,” ujar Maria saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Menurut Maria, KNKT bakal langsung melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut. Dalam kaitan itu, KNKT merupakan lembaga independen yang bertugas untuk memberikan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan telah menerima informasi ihwal kejadian hilang kontak Helikopter Whitesky/PK-WSW di wilayah Halmahera pada pukul 04.49 UTC pada Selasa (20/2/2024).