Logo Bloomberg Technoz

Kronologi Heli Whitesky Jatuh di Area Tambang Nikel IWIP, 3 Tewas

Dovana Hasiana
21 February 2024 17:31

Ilustrasi Helikopter. (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)
Ilustrasi Helikopter. (Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan SAR Nasional (Basarnas) telah berhasil menemukan Helikopter Bell 429 PK-WSW dari Whitesky Aviation yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak pada Selasa (20/1/2024). Sebanyak 3 orang penumpang, yang terdiri dari 2 orang awak pesawat dan 1 orang petugas lapangan, meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. 

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan helikopter itu jatuh di kawasan areal pertambangan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). Proses evakuasi dilakukan pada pukul 10.50 Waktu Indonesia Timur (WIT). 

“Pukul 10.50 WIT, tim SAR gabungan tiba di lokasi dan langsung melaksanakan proses evakuasi. Pukul 11.59 WIT, korban sudah dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia menuju ke PNE Camp, selanjutnya korban dibawa menuju Bandara Cekel,” ujar Fathur dalam siaran pers, Rabu (21/2/2024). 

Adapun, identitas korban yang meninggal dunia di antaranya adalah Capt. Agus Sumaryanto (Pilot), Capt. Septian (Co Pilot) dan Penumpang (Pax) Umar Ali (Karyawan). 

Fathur menjelaskan kronologi evakuasi yang dimulai pada pukul 03.00 WIT, di mana tim rescue Basarnas Ternate tiba di PT IWIP dan melaksanakan koordinasi serta rencana pergerakan operasi SAR.