Logo Bloomberg Technoz

Goldman: Potensi Pertumbuhan India di Atas 6% dalam Dekade Ini

News
16 February 2024 15:20

Bendera India. (Sumber: Bloomberg)
Bendera India. (Sumber: Bloomberg)

Anup Roy - Bloomberg News

Bloomberg, Ekonom Goldman Sachs Group Inc di India memprediksi pertumbuhan ekonomi India dapat melebihi 6% selama sisa dekade ini. Hal ini mendorong lebih banyak investasi dari China ke negara Asia Selatan ini.

Potensi pertumbuhan jangka panjang kemungkinan "beringsut lebih tinggi ke arah 6,5%, atau sedikit lebih tinggi," kata Santanu Sengupta dalam sebuah wawancara dengan Haslinda Amin dari Bloomberg Television pada Jumat. Ia memperkirakan pertumbuhan sebesar 6,3% untuk tahun fiskal berikutnya yang dimulai pada April, lebih rendah daripada proyeksi Reserve Bank of India (Bank Sentral India) sebesar 7%.

Demografi India, pengeluaran yang kuat yang dipimpin oleh pemerintah dan permintaan domestik yang sehat membuatnya menjadi "tujuan yang baik untuk investasi di masa depan," katanya.

Ilustrasi warga India (Sumber: Bloomberg)

Potensi pertumbuhan adalah perkiraan kecepatan pertumbuhan ekonomi tanpa menyebabkan inflasi yang berlebihan. Gubernur bank sentral India bulan lalu memperkirakan tingkat pertumbuhan potensial negara ini sekitar 7%.