Logo Bloomberg Technoz

Aturan Terbit, RI Segera Jualan Gudang Karbon dengan Singapura

Sultan Ibnu Affan
15 February 2024 16:50

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia resmi bekerja sama dengan Singapura dalam bisnis penjualan jasa penangkapan dan penyimpanan karbon atau carbon capture storage/carbon capture utilization storage (CCS/CCUS).

Kerja sama itu ditandai dengan penandatangan dokumen komitmen awal atau letter of intent (LoI) dalam kegiatan penjualan gudang karbon antar negara atau cross border oleh Wakil Sekretaris (Industri) Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, Keith Tan, dan Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi.

Kerja sama ini juga merespons adanya Peraturan Presiden No. 14 Tahun 2024, yang memberikan akses kepada operator penyimpanan karbon untuk menyediakan kapasitas penyimpanan karbon internasional yang terbit pada 30 Januari lalu.

Jodi mengatakan kerja sama tersebut sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam bertanggung jawab dengan lingkungan, sejalan dengan adanya komitmen pengurangan emisi karbon dengan memanfaatkan teknologi CCS yang diklaim inovatif.

"Inisiatif ini menempatkan Indonesia sebagai pemain kunci dalam lanskap CCS Asia Tenggara dengan memperkenalkan mode kerjasama lingkungan antar negara," ujar Jodi dalam siaran resminya, Kamis (15/2/2024).