Logo Bloomberg Technoz

Wapres Minta Pemerintah Perhatikan Kritik 30 Civitas Academica

Redaksi
06 February 2024 12:40

Wakil Presiden Maruf Amin ( Dok Sekretariat Kabinet )
Wakil Presiden Maruf Amin ( Dok Sekretariat Kabinet )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta pemerintah memperhatikan kritik dari puluhan civitas academica tentang kondisi demokrasi menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2024). Dia pun menilai berbagai deklarasi dan petisi dari lingkungan kampus tersebut bagian dari hak menyatakan pendapat.

“Dinamika politik apa pun, Pemerintah harus perhatikan, artinya meng-assurance dan mengambil langkah-langkah berikutnya seperti apa,” Maruf seperti dilansir Sekretariat Wakil Presiden, Senin (05/02/2024).

Menurut dia, kritik dari komunitas pendidikan justru memberikan dinamika positif yang seharusnya tak memberikan keresahan.

“Mudah-mudahan saja hanya sampai di pernyataan sehingga bisa diatasi, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang lebih jauh,” kata dia.

Kritik terhadap cawe politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) dimulai oleh civitas acamedica Universitas Gajah Mada (UGM) melalui petisi Bulaksumur, Rabu (31/1/2024). Mereka mengkritik Jokowi yang dinilai memperburuk kondisi demokrasi dan melanggar nilai sebagai alumnus UGM.

Guru besar dan dosen Universitas Indonesia membacakan deklarasi soal Pemilu 2024. (Tangkapan layar Youtube KBA Talk)