Logo Bloomberg Technoz

Basuki Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina, Dukung Ganjar

Dovana Hasiana
02 February 2024 18:59

Basuki Tjahaja Purnama. (Dok: Pertamina)
Basuki Tjahaja Purnama. (Dok: Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menuliskan surat pengunduran diri sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) hari ini, Jumat 2 Februari 2024. Dalam surat tersebut Ahok tidak disebut alasan secara jelas.

Lewat tangkapan layar dokumen surat pengunduran diri tertulis, "Sekretaris Dewan Komisaris agar mengirimkan Pengunduran Diri dan Laporan Pertanggungjawaban sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) kepada Menteri BUMN ditembuskan ke Presiden Republik Indonesia, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero)."

Surat ditandatangani langsung oleh Basuki Ahok. Namun dalam sebuah postingan di media sosial Instagram, Ahok tegas menyebut alasan mengunduran dirinya. Yakni memilih mendukung pasangan calon Ganjar dan Mahfud MD.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya. Merdeka! Merdeka! Merdeka!"

Basuki Tjahaja Purnama menunjukkan surat pengunduran diri Komut Pertamina. (Dok: Instagram/btp)