Logo Bloomberg Technoz

Nada bicara Raimondo menekankan ruang lingkup persaingan antara AS dan China di sektor teknologi, karena Washington memeriksa sektor-sektor yang telah lama menimbulkan kekhawatiran terhadap persaingan ekonomi, kini melalui lensa keamanan nasional dan tata negara.

Dua contoh utama adalah kendaraan listrik dan chip komputasi. Washington telah berupaya untuk memutus akses Beijing dari teknologi semikonduktor tercanggih. Akan tetapi para pejabat khawatir tentang kelebihan kapasitas China pada chip generasi lama yang penting bagi perekonomian global.

Raimondo pada hari Selasa menarik persamaan yang jelas antara kedua sektor tersebut. "Anda dapat mengajukan pertanyaan yang sama tentang semikonduktor, banyak di antaranya dibuat di China," katanya.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan menegaskan kembali kekhawatiran AS dalam pidato kepada Council on Foreign Relations pada Selasa malam. 

Ilustrasi mobil listrik (Dok: Bloomberg)

"Kami juga telah bekerja keras untuk memastikan bahwa teknologi canggih dan sensitif yang dikembangkan perusahaan kami tidak menjadi sumber kerentanan," kata Sullivan.

Selain keamanan nasional, kekhawatiran pasar masih sangat membebani. Pemerintahan Biden telah menggelontorkan miliaran dolar untuk mensubsidi produksi kendaraan listrik dan semikonduktor dalam negeri. Mereka juga sedang melihat alat perdagangan untuk membantu melindungi basis manufaktur yang sedang berkembang tersebut.

Gedung Putih saat ini sedang memutuskan apakah akan meningkatkan bea masuk atas impor tertentu dari China termasuk kendaraan listrik, setelah peninjauan tarif selama bertahun-tahun yang pertama kali diberlakukan di masa pemerintahan Donald Trump. Mobil dari produsen mobil China seperti BYD Co telah memasuki pasar Eropa dan Amerika Latin, tetapi belum memasuki pasar Amerika karena tarif AS sebesar 27,5%.

Di bidang chip, Departemen Perdagangan sedang mensurvei pelanggan semikonduktor - termasuk produsen mobil dan semua perusahaan teknologi terbesar - untuk memahami bagaimana mereka mengambil sumber komponen elektronik yang kurang canggih, dengan mempertimbangkan kemungkinan tarif.

(bbn)

No more pages