Logo Bloomberg Technoz

Nasdaq telah berkembang sebagai bursa tempat saham dan obligasi diperdagangkan, menjadi penyedia layanan teknologi seperti pengawasan perdagangan dan alat analisis. Akuisisi Adenza senilai US$10,5 miliar - kesepakatan terbesar dalam sejarah perusahaan - adalah puncak dari upaya untuk meningkatkan sumber pendapatan di luar bisnis perdagangan yang bergejolak.

Langkah tersebut dilakukan ketika dunia keuangan - di antara industri lainnya - telah memangkas ribuan pekerjaan dalam beberapa bulan terakhir untuk mengendalikan biaya. UBS Group AG baru saja melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekelompok bankir senior guna mengurangi jumlah karyawan setelah mengambil alih Credit Suisse. Nomura Holdings Inc memberhentikan 60 staf. Citigroup Inc memangkas 20.000 peran dalam perombakan terbesarnya dalam beberapa dekade.

Adenza dibentuk setelah mantan pemiliknya, Thoma Bravo, menggabungkan Calypso Technology dan AxiomSL pada tahun 2021. Perusahaan gabungan tersebut menjual software kepada bank, manajer aset, bursa dan bagian lain dari industri jasa keuangan yang membantu mengelola pelaporan peraturan, kepatuhan dan manajemen risiko. 

Bisnis tersebut dimasukkan ke dalam grup baru di Nasdaq, divisi teknologi keuangan, yang dipimpin oleh presiden Nasdaq Tal Cohen. Menurut sumber, setengah dari kepemimpinan divisi, di luar Cohen, sekarang berasal dari Adenza.

Sumber mengatakan, perusahaan sedang mencari cara untuk mengoptimalkan tim dan teknologi tertentu setelah meninjau kantor dan struktur organisasinya menyusul kesepakatan tersebut. Rencana itu masih dalam tahap awal dan strateginya bisa berubah, kata sumber, menambahkan bahwa jumlah akhir peran yang akan berdampak belum diputuskan.

Nasdaq memiliki 6.590 karyawan per 30 September, sementara Adenza memiliki 2.000 karyawan sebelum akuisisi yang diumumkan pada Juni.

Meskipun Nasdaq adalah bursa saham terbesar kedua di AS, sekarang Nasdaq menyebut dirinya sebagai perusahaan teknologi. Di bawah kepemimpinan CEO Adena Friedman, Nasdaq telah mengubah model bisnis untuk menjadi kurang bergantung pada pendapatan dari data dan transaksi yang cenderung naik dan turun dengan pasar.

Perusahaan dijadwalkan melaporkan hasil kuartal keempat pada Rabu. Saham perusahaan ditutup pada US$58,45 pada Selasa.

(bbn)

No more pages