Logo Bloomberg Technoz

BUMN Sasar Stasiun hingga Bandara untuk Pasarkan Produk UMKM

Mis Fransiska Dewi
22 January 2024 17:10

Suasana penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyasar ruang publik untuk memasarkan produk buatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui vending machine atau mesin jual otomatis.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengungkapkan hal ini dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

"Sekarang kami punya tiga, satu di Kementerian BUMN, satu di Stasiun Gondangdia, dan satu di Stasiun Gambir. Rencananya [akan ada] di terminal juga. Harapannya ini bergulir terus dan kami harapkan di kantor provinsi juga ada," ujar Arya saat peresmian vending machine di Stasiun KA Gambir, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Arya mengatakan, pemilihan lokasi di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Gambir lantaran dua tempat tersebut memiliki aktivitas penumpang yang cukup tinggi. Selain itu, Stasiun Gambir juga menjadi stasiun antarkota dengan tingkat keberangkatannya yang tinggi untuk kelas komersial.

Peluncuran vending machine produk UMKM di stasiun LRT./Bloomberg Technoz-Mis Fransiska Dewi


Pemasangan vending machine merupakan kolaborasi antara UMKM dengan BUMN. Penempatan vending machine di area stasiun didukung oleh PT Kereta Api Indonesia sebagai pengelola stasiun.