Logo Bloomberg Technoz

Para ahli dan epidemolog yang mengetahui temuan tersebut mengecam penilitian yang dilakukan para peniliti China. Karena menurut mereka hal tersebut tidak ada gunanya.

“Saya tidak melihat ada hal yang menarik yang bisa dipelajari dari menginfeksi secara paksa tikus yang dimanusiakan dengan virus acak. Sebaliknya, saya melihat bagaimana hal-hal seperti itu bisa menjadi salah,”tulis Epidemiolog Institut Genetika Universitas College London, Francois Balloux di akun media sosial X miliknya.

Pensiunan profesor kedokteran Stanford, Dr Gennadi Glinsky meminta eksperimen tersebut dihentikan sebelum terlambat. 

Hal tersebut beralasan, karena Virus Covid-19 yang sempat membuat dunia terisolasi bahkan masih ada sampai sekarang, berawal dari ekperimen yang dilakukan oleh para ilmuwan di Wuhan, China. 

Bahkan menurut dokumen yang dibagikan kepada anggota parlemen AS dan dirilis pada hari Rabu, seperti yang dilansir dari CNN, mengungkapkan, urutan genetik SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, telah diserahkan ke pangkalan data National Institutes of Health dua minggu sebelum dirilis oleh pemerintah China.

Urutan tersebut tidak menunjukkan asal-usul virus corona, tetapi meruntuhkan klaim pemerintah China tentang pengetahuannya terkait informasi tersebut, kata seorang ahli kepada CNN dan bisa saja telah menghabiskan beberapa minggu kritis dalam pengembangan vaksin terhadap virus tersebut.

Ilustrasi penelitian virus (Sumber: Bloomberg)

Pada 28 Desember 2019, ahli virologi Dr. Lili Ren dari Institut Biologi Patogen di Akademi Ilmu Kedokteran China & Peking Union Medical College mengajukan urutan genetik ke GenBank, sebuah "penyimpanan urutan genetik yang mengumpulkan, melestarikan, dan memberikan akses publik ke data urutan nukleotida yang dirangkai dan dijelaskan dari semua domain kehidupan," sesuai dengan surat yang Dr. Melanie Egorin, asisten sekretaris legislatif di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, kirimkan kepada Ketua Komite Energi dan Perdagangan House, Cathy McMorris Rodgers bulan lalu.

Dokumen-dokumen tersebut harus dibaca dalam konteks melihat ke belakang, kata Dr. Kristian Andersen, Ahli Biologi Evolusi dan Direktur Genomik Penyakit Menular Translational Institute.

"Pada akhir 2019, tidak ada yang tahu bahwa kemudian akan terjadi pandemi," tulisnya dalam sebuah email. "Ini adalah bagian yang sangat kritis yang sebagian besar orang tampaknya lupa - pada saat itu, tidak ada yang tahu bahwa sebuah coronavirus baru yang belum pernah terlihat dan hanya berhubungan secara terpencil dengan SARS-CoV-1 menyebabkan penyakit 'misterius' pada pasien yang terkait dengan pasar basah di tengah Wuhan, yang kemudian memicu pandemi yang menghancurkan.

"Seharusnya urutan itu dilepaskan pada saat itu dan [diberi tanda] sebagai data awal? Tentu, itu akan menjadi hal yang bagus, dan ini adalah contoh bagus di mana kita bisa berharap untuk melakukan lebih baik di masa depan," katanya. "Siapa pun yang meninjau urutan di NCBI selama liburan tahun 2019 tidak akan memiliki cara menghubungkan urutan ini dengan"

(spt/lav)

No more pages