Logo Bloomberg Technoz

Astronot Pertama Turki Terbang ke Luar Angkasa Naik SpaceX

News
19 January 2024 15:20

Astronot Turki Alper Gezeravci dan anggota kru lainnya dari Italia, Spanyol, dan Swedia (Dok: Axiom Space)
Astronot Turki Alper Gezeravci dan anggota kru lainnya dari Italia, Spanyol, dan Swedia (Dok: Axiom Space)

Selcan Hacaoglu - Bloomberg News

Bloomberg, Turki menerbangkan astronot pertamanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan kapsul SpaceX. Hal ini menandai tonggak sejarah dalam program luar angkasa yang baru saja dimulai di negara tersebut.

SpaceX milik Elon Musk meluncurkan roket Falcon 9 dari Kennedy Space Center di Florida pada Kamis, membawa astronot Turki Alper Gezeravci dan anggota kru lainnya dari Italia, Spanyol, dan Swedia sebagai bagian dari misi yang dioperasikan oleh Axiom Space Inc.

Menteri Industri dan Teknologi Turki Fatih Kacir mengatakan, misi Ax-3 selama dua minggu ini merupakan misi ketiga dari empat peluncuran penerbangan luar angkasa manusia yang direncanakan oleh Axiom, dan partisipasi Gezeravci menelan biaya sekitar 55 juta dolar AS.

Ini adalah bagian penting dari proyek nasional yang dirancang untuk membuka jalan bagi Turki memasuki perlombaan antariksa yang secara tradisional didominasi oleh kekuatan-kekuatan global. Turki meluncurkan program antariksanya pada tahun 2021, dengan menetapkan target yang sekarang sudah tidak berlaku lagi untuk misi ke bulan tanpa awak dalam dua tahun pertama.